Kamis, 08 Oktober 2009

Sanggar Putra Purnayudha Meretas Seni Sunda (habis)

Perlu Upaya Pelestarian yang Tak Kenal Henti
Pemkab Purwakarta cukup merespon pihak-pihak yang berupaya melestarikan budaya sunda. Sanggar-sanggar tari, merupakan salah satu upaya untuk merealisasikan upaya tersebut.
Beny menilai perkembangan seni budaya sunda, termasuk seni tari jaipongan mulai tumbuh kembang di purwakarta. Terlebih, bidang seni budaya mendapatkan dukungan penuh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi. Tak heran jika perkembangannya sudah mulai tampak dengan munculnya jumlah sanggar latihan seni.

Yang membanggakan, kiprah sanggar. Seni Putra Purnayudha mendapat dukungan dari berbagai pihak. Selain dari bupati dan wakil bupati, dukungan juga mengalir dari Dandim 0619 purwakarta.”Bahkan cucupak wakil bupati juga ikut latihan di sanggar kita. Kita tentu saja sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sanggar kami.”ungkap beny.
Yeyet (24). adalah salah satu warga yang percaya bahwa seni tari di purwakarta akan mengalami perkembangan. Untuk itu, dia tak segan mempercayakan Sanggar Putra Purnayudha untuk membina dua anaknya, Dea (20) dan Ayunda (12).
Yeyet menuturkan, mengikuti latihan tari jaipong ini, akan memberikan dampak positif. Khususnya dalam menggairahkan minat warga purwakarta yang sudah banyak melupakan kesenian khas daerahnya sendiri.
“saya lihat di purwakarta jarang melihat anak-anak yang mau jaipongan atau berkecimpung pada seni sunda. Kebanyakan mereka lebih memilih musik produk luar seperti dance, band dan sebagainya. Jadi kalau orang sunda-nya sendiri tidak mau memajukan, ini memprihatinkan,” ujar yeyet.
Walaupun bukan dari keturunan seniman, yeyet mengaku sudah mencoba mengenal tari jaipongan kepada kedua putrinya itu sejak kecil. “Kalau bukan kita, siapa lagi. Kalau bukan orang purwakarta-nya sendiri, lalu siapa yang harus di andalkan untuk melestarikan kesenian tradisional ini,” paparnya.(*)
TARI Masih banyak warga purwakarta menyukai seni tari jaipongan.

Source : Harian Pasundan Ekspres, Edisi 10-Juni-2009

Tidak ada komentar:

 
Copyright@2009 - Design By : Uje Computer.