Kamis, 08 Oktober 2009

Sanggar Putra Purnayudha Meretas Seni Sunda (Bag. 1)

Jaipongan Modern Kembali Dipopulerkan
Salah satu seni budaya sunda yang hingga kini terpelihara adalah tari jaipong. Buktinya banyak orang yang masih berminat mempelajari kesenian tradisional asal Jawa Barat ini.
KONON, tari jaipongan yang sempet di tunding sebagai tarian erotis, kini justru di gemari di Purwakarta. Para seniman sunda asal Purwakarta menciptakan tarian jaipong bernuansa modern. Sanggar Seni Putra Purnayudha, adalah sanggar yang masih berkonsentrasi untuk mempopulerkan kesenian tari jaipong modern. Sanggar yang di dirikan oleh Beny Benyamin ini sudah berhasil melanglang prestasi di dunia seni sunda. Sejumlah penghargaan tertinggi diraih sanggar seni ini. Bahkan, Putra Purnayudha pernah menjadi duta propinsi Jawa Barat dalam seni pelajar seni Jawa bali. Bukan usaha yang mudah untuk mencapai prestasi gemilang itu. Sanggar Putra purnayudha yang selalu didampingi oleh seorang pelatih, Anita Benyamin, mampu mencetak para murid nya sebagai seniman yang handal dan propesional. “Banyak murid kita yang sudah merah prestasi. Sampai sekarang para murid masih kita bina untuk meraih prestasinya,” kata Beny.
Sanggar Seni Putra Purnayudha mengelompokan para anak didiknya menjadi tiga grup anak usia SD dan dua grup anak SMP. Grup anak usia SD terdiri dari Grup Purnasetra, Purwaringkang, Purwakembar. Sedangkan grup anak usia SMP yaitu grup Purwabentang dan Purwatandang. Sementara saat ini Putra Purnayudha belum memiliki murid usia SMA.” Kalau anak usia SMA masa berlatihnya tidak lama. Setelah lulus sekolah, mereka pada berhenti berlatih” ujar Anita.

Dari lima grup yang sudah di bentuknya, tambah Anita, mereka menjadi sanggar andalan yang ia bina. Mereka kerap mengikuti pentas dalam setiap event apapun baik yang di selenggarakan di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.
“Dalam setiap event kita selalu meraih prestasi. Tak jarang juga murid-murid kita menjadi juara umum. Mereka berhasil mengalahkan daerah-daerah lain yang juga memiliki kemampuan seni yang cukup tinggi,” jelasnya. Di antara prestasi yang menjadi kebanggaan sanggar seni putra purnayudha adalah, Juara Umum Pasanggiri Jaipong Se Provinsi Jawa Barat selama dua tahun berturut-turut pada tahun 1997-1998.(Bersambung)

MODERN .Murid-murid Sanggar Putera Purnayudha giat berlatih.

Source : Harian Pasundan Ekspres, Edisi 8-Juni-2009

Tidak ada komentar:

 
Copyright@2009 - Design By : Uje Computer.