Kamis, 08 Oktober 2009

Sanggar Putra Purnayudha Meretas Seni Sunda (2)

Mengandalkan Keindahan dan Kelenturan
Tari jaipong. Merupakan tarian tradisional yang mengandalkan keindahan dan kelenturan. Murid binaan Putra Purnayudha, tampak enak di pandang dan luwes saat membawakan tarian jaipongan. Eksistensi Sanggar Putra Purnayudha, juga telah mendulang banyak prestasi.

ANITA menjelaskan, prestasi yang sudah diraih sanggar miliknya, tak membuat dia puas. Untuk itu, dia terus akan mengembangkan seni tari jaipong modern di purwakarta. Sanggar Putra Purnayudha terus membuka untuk anak-anak yang memiliki keinginan untuk mendalami kesenian tradisional tersebut. Dalam waktu dekat ini, Putra Purnayudha yang berlokasi di perumahan panorama indah B 10 No 13 A kelurahan Ciseureuh Purwakarta ini, tengah mendidik ratusan anak.
“Masyarakat sangat antusias. Banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya ke sanggar kami. Mereka menginginkan anaknya memiliki kemampuan Tari Jaipong. Sehingga kita berupaya maksimal mendidik anak-anak, agar orang tua mereka bangga punya anaknya berprestasi,” jelas Beny.
Batas minimum murid didiknya rata-rata usianya setingkat siswa SD. Di usia itu, anak-anak masih mudah mencerna gerakan – gerakan yang di ajarkan oleh instruktur. Selain itu, siswa di usia tersebut memiliki tubuh yang masih lentur. Sehingga tidak sulit untuk menngajarkan Seni Tari Jaipong yang banyak mengandalkan gerakan tubuh ini. Di katakan Beny, selama latihan pihak-nya mengelompokan murid-murid nya yang terdiri dari 6 hingga 7 orang anak per grup.
Yang menjadi kendala dalam mengembangkan bakat murid didiknya, jelasss Beny, sanggar Seni Putra Purnayudha hingga kini belum memiliki gedung tempat latihan. Sehingga, pihaknya kini melatih muridnya di Pendopo Pemkab Purwakarta.
“Tadinya latihan dilaksanakan dirumah. Sekarang pak Bupati menyarankan kita untuk menggunakan Gedung Pendopo sebagai tempat latihan,“ terangnya.
Kendati begitu, Beny mengaku sudah merencanakan membangun gedung sanggar sendiri didekat areal Jalan Parapatan comro. Untuk itu ia berharap pihak pemerintah dapat membantu mewujudkan cita-citanya untuk mendirikan Gedung latihan Seni Tari Jaipong tersebut.(bersambung)

Source : Harian Pasundan Ekspres, Edisi 9-Juni-2009

Tidak ada komentar:

 
Copyright@2009 - Design By : Uje Computer.